Sunday, January 18, 2015

Tentang Pulau Banyak

Dimana sih Pulau Banyak itu?


Sebagian besar dari sobat travellers mungkin belum begitu familiar dengan nama Pulau Banyak. Memang sih gaung dari gugusan Pulau yang memiliki  kekayaan alam dan pesona wisata bahari ini baru terdengar akhir-akhir ini. Penyebabnya mungkin di karenakan kurangnya informasi dan promosi mengenai Pulau Banyak itu sendiri sehingga tidak banyak dari sobat travellers yang mengetahui bahwa potensi wisata di Pulau Banyak sangat luar biasa. Padahal, Pulau Banyak, bisa dikatakan, tidak kalah indah dari tempat-tempat wisata yang sudah terkenal lebih dulu seperti Bali, Raja Ampat, atau Hawai sekalipun. Wow, is Pulau Banyak that beutiful? of course, it is. Then let me tell you more. Bukankah tak kenal maka tak sayang? hehehe 

Pulau Banyak merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil. Letaknya di perairan Samudra Hindia atau sekitar 20 mil laut (37,04 kilometer). Di kecamatan yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan ini terdapat 99 buah pulau yang memiliki keindahan alam berupa pantai berpasir putih bersih, laut jernih, dan langit biru seperti Pulau Palambak Besar dan Palambak Kecil, Pulau Sikandang, Pulau Tailana,  Pulau Biawak, Pulau Bangkaru, dan pulau-pulau lainnya yang merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang terdapat di Kec. Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat.

Bagaimana cara menuju Pulau Banyak?

Tenang, Pulau Banyak itu bukan daerah yang terisolir kok. Ini tergantung darimana sobat travellers semua berasal. Langkah pertama yang perlu sobat travellers lakukan adalah persiapan menuju Singkil. Kenapa harus menuju Singkil? Ya karena seperti informasi diatas bahwa Pulau Banyak itu merupakan salah-satu kecamatan yang terdapat di Aceh Singkil, ya otomatis sobat backpackers harus menuju Singkil terlebih dahulu baru setelah itu berlayar ke Pulau Banyak

Menuju Singkil dan Pulau Banyak

1. Banda Aceh - Singkil - Pulau Banyak 

Kalau sobat travellers semua berasal dari Banda Aceh, sobat backpackers bisa menggunakan transportasi mobil L-300 rute Banda Aceh - Singkil, kurang lebih biayanya sebesar Rp.250ribu/orang. Biasanya perjalanan dari Banda Aceh menuju singkil memakan waktu selama 16 jam perjalanan. Setelah tiba di Singkil, sobat travellers bisa menginap dulu atau langsung berangkat menuju ke Pulau Banyak dengan menggunakan Kapal Nelayan (Boat) yang biasanya setiap hari selalu ada. Alternaif lainnya menuju ke Pulau Banyak bisa menggunakan kapal ferry. Jadwal kapal ferry menuju ke Pulau Banyak tidak setiap hari, melainkan cuma 2 x dalam seminggu yaitu pada hari Selasa dan hari Sabtu dan kembali lagi ke Singkil pada hari Rabu dan Hari Minggu.

2. Medan - Singkil - Pulau Banyak

Nah, kalau sobat travellers semua berasal dari Jakarta, Jawa Barat, atau darimanapun di luar Aceh, maka alangkah baiknya terlebih dahulu sobat backpackers menuju Medan karena Medan merupakan kota di luar Aceh yang terdekat dengan Singkil dan Pulau Banyak. Untuk perjalanan rute Medan - Singkil - Pulau Banyak, berikut kami sajakan table biaya transportasinya:

Apabila sobat backpackers membutuhkan informasi lebih banyak mengenai Pulau Banyak dan ingin menggunakan jasa bantuan kami, feel free to contact us:


No Hp     : 082274144433(Adin)/082165213391(Delis)
WA/Line : 085277258272
Email      : pulaubanyaktravel@yahoo.com
Twitter    : @BanyakTravel 
BBM       : 5AF1CA21

Enjoy your adventure guys! :)

6 comments:

  1. kenapa disebut pulau banyak pak ?? heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena dia terdiri dari 99 Pulau, Hera. Makanya disebut Pulau Bayak :)

      Delete
  2. itu kalau untuk penyebrangan menggunakan kapal apa ada yang setiap hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapal Ferry seminggu 2 x dari Singkil ke Pulau Banyak setiap hari selasa dan sabtu. Berangkatnya pukul 11.00 wib.

      Delete
  3. Untuk kapal ferry mohon di beri jadwal terbaru min...dari singkil-banyak dan banyak-singkil serta jamnya ya min...
    Makasiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadwalnya belum berubah, masih seminggu 2 x yaitu setiap hari selasa dan sabtu. Berangkatnya pukul 11.00 wib. Jadi pastikan anda sudah berada di pelabuhan kapal ferry sebelum pukul 11.00 WIB.

      Delete